Chocolate Sprinkles

Just a tiny corner for my experimental cooking and sharing my passion for coffee and chocolate

Macaroni Schotel September 29, 2007

Filed under: BEEF & LAMB,RICE & NOODLES — pinkytoes @ 7:51 am

Original recipe from Mbak Ine, my Multiply buddy – thanks mbak In!

The only retouching I had was that tomato paste topping, which is my mom’s trademark – and probably thousands other moms :-))   She made her delicious macaroni so often when we were kids. Just luv it!

 

Oodle Noodle Fried Noodle September 25, 2007

Filed under: RICE & NOODLES — pinkytoes @ 10:05 am

** Resep cemplung-cemplung mode dengan bahan seadanya

Ingredients:

* 2 packages of chinese egg noodle

* small bunch of caisin or choy sum – chopped roughly

* small bunch of shiitake mushroom, cleaned and sliced

* 100 gram of minced chicken

* 2 eggs

* drizzle of fish sauce – I prefer thai fish sauce as it’s not too fishy and tastes better

* 2 tbs of oyster sauce

* 6 pcs of shallot + 6 pcs of garlic – pounded smoothly

* 1 pc of bay leaf

* salt, white pepper, sprinkle of dark soy sauce and sugar to taste – and chopped chilis if you prefer spicy

Cooking directions:

1.) Boil water and cook noodles until soft enough, add a few drizzles of olive oil to prevent noodles sticking
      Drain and set aside on a strainer

2.) In a pan medium heat, stir fry garlic, shallot until fragrant. Add chicken, oyster sauce, bay leaf – quickly break egg and
      stir in without mixing too much with the rest. Add noodles and mix in thoroughly.

3.) Drizzles of dark soy sauce, fish sauce, salt, pepper and chilis to taste. Mix in chopped caisim and mushrooms. Close the
      lid and put on heat on high.

4.) Upon serving, sprinkle with some fried shallots – bawang goreng.

 

Taiwanese Beef Noodle Soup June 30, 2007

Filed under: RICE & NOODLES — pinkytoes @ 9:42 am

Siang ini lagi kepengen bereksperimen dengan masakan yang agak beda. Minggu lalu waktu di Shanghai, kita sempet nyobain beef brisket noodle soup yang rasanya ternyata enak banget. Tampilannya emang agak beda, nggak seputih noodle soup pada umumnya. Warnanya coklat terang dan rasa star anis nya lumayan dominan. Gurih banget!!!

Bumbu Dasar:

*  Daging sapi brisket/ribs  – disini aku pakai tulang untuk bikin kaldunya

*  4 sdm kecap biasa, jangan pakai kecap manis

*  1/2 cangkir rice wine

*  gula merah secukupnya

*  3 cm jahe segar, kupas kulit & geprek

*  5 siung bawang putih, geprek

*  1 ikat daun bawang/scallion – ambil bagian putihnya, ikat jadi satu lalu tumbuk kasar

*  4 btr star anis

*  3 siung bawang merah besar, bakar di api sampai gosong, lalu buang kulitnya. Masukkan utuh-utuh

*  merica, garam, maggi blok sedikit, cabe merah kering sedikit kalau suka

Caranya:

1.)  Didihkan air di panci, masukkan tulang untuk kaldu.
       Masukkan kecap, gula merah, rice wine, daun bawang/scallion, bawang putih, bawang merah bakar,
       jahe dan star anis. Biarkan mendidih, lalu masukkan brisket/ribs, biarkan di api kecil sampai meresap
       kurang lebih 2,5 jam – atau sampai empuk

2.)  Kalau mau kaldu yang bersih, bisa disaring  dulu sebelum dihidangkan. Angkat daging, pisahkan dari
       tulangnya. Iris-iris bite size.

3.)  Disini aku pakai egg noodle yang teksturnya lebih kenyal & konsisten yang cocok untuk noodle sup
       tanpa jadi mekar. Hidangkan dengan irisan daun bawang atau daun koriander. Sama-sama enak.

** Resep diambil dari Epicurious

 

Biryani Rice June 23, 2007

Filed under: BEEF & LAMB,RICE & NOODLES — pinkytoes @ 7:03 am

 

Stir-Fried Noodles (*Pad Thai) June 20, 2007

Filed under: RICE & NOODLES — pinkytoes @ 7:15 pm

 

Risoto Seafood June 12, 2007

Filed under: RICE & NOODLES,SEAFOOD — pinkytoes @ 5:23 pm

 Italian Dish

Minggu ini judulnya masih soft diet, non-daging merah dan yang jelas tidak mau soto lagi. Yang lagi sakit masih bisa protes. Jadilah risotto…..


**photo courtesy from JupiterImages

Bahan dasar:

*  2 cangkir kecil beras itali (bisa pake arborio)

*  extra virgin olive oil

*  bawang bombay besar (pakai yang merah, yang kuning itu agak manis yah aku gak suka)

*  ikan laut apa aja asal berdaging putih & gak ada duri

*  300 gr udang segar

*  300 gr scallops

*  daun basil segar segenggam – kalau gak ada pakai basil kering juga bisa, tapi baunya kurang nendang

*  2 btr jeruk nipis, peras airnya

*  2 lembar daun salam

Caranya:

1.)  Tumis bawang di dalam wajan sampai harum, jangan sampai berubah warna

2.)  Masukkan berasnya, tambahkan air setengah cangkir, aduk sampai meresap

3.)  Terus tambahkan air sedikit demi sedikit, tunggu sampai meresap setiap kali

4.)  Setelah nasi lembut kira-kira 15-20 menit dimasak, tambahkan seafood, daun basil, daun salam 
      dan air jeruk nipis ke dalamnya

5.)  Segera angkat dari api, masukkan garam, lada dan sedikit maggi blok. Aduk-aduk, lalu tutup.
       Biarkan selama kurang lebih 5 menit sampai seafood matang di dalam risoto.

6.)  Hidangkan

 

Green Chili Fried Rice April 26, 2007

Filed under: RICE & NOODLES — pinkytoes @ 4:18 pm

 Indonesian Dish

Ide sebenernya terinspirasi dari masakan nyokap, ikan sepat cabai hijau. Kalo pas nyokap masak ini, kita jarang banget nggak nambah. Kombinasi bau gurih cabai hijau dan daun jeruknya itu loh. Jadilah, acara dinner tadi malem, nasi eksperimen ini jadi salah satu suguhan. Ternyata sukses!

Masaknya gampang banget kok, yang udah sering masak nasi goreng dan sukses, pasti bisa bikin sambil merem. Tahapannya sama dengan bikin nasi goreng, tapi bumbunya agak beda sedikit…. Sebenernya saya biasa masak tanpa resep, jadi agak susah kasi ukuran tepatnya. Dikira2 aja ya.


 

** Portion for 2 persons

Ingredients:
* Large green chilis (not paprika) 7 – 8 pcs
  Cut in half and seeded. If you like it spicy, keep the seeds.
* Garlic 4 pcs
* Large tomatoes 2 pcs
* Maggi chicken flavor – 1 cube


 

1.) Processed all the ingredients
2.) Stir fry in 2 tsp of oil
3.) Add steamed rice, add pepper, salt and bayleaf
4.) Fresh kaffir lime leaves, thinly sliced, add at the last minute.
5.) Serve with Javanese fried chicken (Ayam goreng jawa atau kering kentang)