Chocolate Sprinkles

Just a tiny corner for my experimental cooking and sharing my passion for coffee and chocolate

Apel Kurma Crisp October 22, 2007

Filed under: BREAKFAST,SWEETS & SAVORY — pinkytoes @ 5:41 pm

Bener-bener lagi banjir kurma minggu ini. Yang dirumah juga cinta skali dengan kurma dan makanan-makanan manis. Padahal banyak resep dessert yang musti panggang oven, untung yang satu ini gampang banget dan bisa dimasak dengan microwave. Jadilah dessert pertama tanpa oven dan sukses. Kurma itu memang dahsyat harumnya kalau dipanggang ya?

 

Bahan Dasar:

* 2 butir Granny Smith apel, kupas kulitnya, iris tipis

* 2 cangkir kurma kering, rendam sebentar supaya lembut, buang bijinya

* 1 sdm jahe segar, parut kasar

* 1 sdm gula pasir  *resep asli pake brown sugar*

* 2 cangkir oatmeal biasa

* 1 cangkir cornflakes yang dihancurkan  – disini aku pakai raisin brans yang fiberous & agak manis

* boleh ditambah biskuit yang dihancurkan – disini ditambah dengan coconut biscuits, jadi agak gurih juga

* 1 cangkir kacang mede – cincang kasar  *bisa diganti walnut, pecans atau terserahlah*

* 1 sdt bubuk kayu manis (ground cinnamon)

* mentega

Cara Memasak:

1.) Cairkan mentega, campurkan dengan irisan apel, potongan kurma tanpa biji, jahe parut dan bubuk kayu manis. Nggak
      perlu pake gula ya, kurmanya udah manis banget. Susun dalam wadah tahan panas. Jangan lupa oleskan mentega dulu
      di dasarnya.

2.) Dalam mangkuk terpisah, campurkan oatmeal, cornflakes yang dihancurkan, biskuit dan kacang mede, tambahkan
      gula, bubuhkan kayu manis. Mentega dalam keadaan dingin, potong kasar atau bentuk kubus, campurkan ke dalam
      mangkuk sampai merata. Lalu susun di atas potongan buah di wadah tahan panas.

3.) Di resep asli dipanggang dalam oven selama 40 menit. Aku pakai microwave. Tutup dengan aluminium foil dan
      panggang selama 10 menit saja sampai apel lembut. Buka foil, panggang lagi dengan setup heating dari atas & bawah
     (combination mode) selama 10 menit…. atau sampai bikin seruangan harum kayu manis.

** Resep dimodifikasi dari Martha Stewart

 

Pancake Kurma October 18, 2007

Filed under: BREAKFAST,SWEETS & SAVORY — pinkytoes @ 1:54 am

 

Pancake Kurma – cerita bisa dilihat disini

Bahan Dasar:

* 2 cup tepung terigu

* 1/2 cup yoghurt tawar

* 2 butir telur

* 1 sdt gula pasir

* unsalted butter

* 1/2 sdt baking powder

* 2 cup kurma  – bisa dikukus/dipanggang sebentar supaya lembut, buang bijinya

Cara Masak:

1.) Sudah pada tau kan cara ngadonin pancake? Kalo udah jadi, campurkan kurma ke dalam adonan

2.) Panaskan wajan, tuangkan adonan ke dalam wajan. Saat hampir matang, taburkan sisa kurma di atas pancake.

     Balik pancake supaya matang kedua sisinya.

3.) Sesudah matang, pindahkan ke piring, letakkan seiris butter di atasnya supaya meleleh, dan siram dengan maple syrup

** Resep kreasiku

 

Scramble Egg on Wasa Fibre Toast September 14, 2007

Filed under: BREAKFAST — pinkytoes @ 4:49 am

 

The toast stays beautiful and crispy, while the scrambled egg topping mixed with mayo blends in nicely with melted cheese and fresh tomato. Yummie!
Ingredients:

* 3 Eggs – scrambled

* 4 pcs Wasa Fibre toast  (70% wholegrain, 24%fibre, 23% bran)

* 1 tbs of light mayonnaise

* sliced tomatoes

* salt & pepper to taste

* Topped with grated cheese, grill until melts – then sprinkle with chopped scallion

 

Spinach on Toast July 30, 2007

Filed under: BREAKFAST,SALAD & VEGGIES — pinkytoes @ 3:33 am

 

Spinach Fritata (Omelet Bayam) July 3, 2007

Filed under: BREAKFAST,SALAD & VEGGIES — pinkytoes @ 8:14 am

Fritata disini maksudnya dadar telur atau ‘omelet’ dalam bahasa Inggris, ‘tortilla’ dalam bahasa spanyol, dan ‘fritata’ dalam bahasa Itali. Bahan dasarnya sih tetap sama saja, dari telur. Variasi fillingnya juga bisa bermacam-macam kok. Berbagai jenis sayuran, kentang, bawang….  Hmmm, pagi ini lagi agak kreatif, pakai bayam, ditambah irisan sosis ayam & pan roasted cherry tomatoes. Enaaaakkk lah pokoknya.

Basic Ingredients:

* 4 pcs fresh eggs, whisk thoroughly

* a large handful of spinach, clean & chopped roughly (I use regular spinach, coz of its softer texture)
  the Chinese Spinach tends to be less juicy & has an unpleasant texture for quick cooking
  Soak spinach in hot water for a few minutes until soft enough & then drain.

* a handful of cherry tomatoes

* chicken sausages – sliced

* green bell pepper, seeded & washed, chopped roughly

* large onions & garlic – chopped roughly

* goat cheese & parmesan cheese

* ground white pepper, salt, itsy bitsy maggie granules

Cooking Directions:

1.) Pan roast cherry tomatoes in a skillet with with high heat. Add chopped green bell pepper.
      Let it roast until light brown. Set aside

2.) Heat the pan, add 1 tbsp of olive oil, stir fry onions & garlic until light brown. Add sausages.
      Pour in whisked eggs, add spinach, add tomatoes & green bell peppers. Add salt, pepper, goat cheese
      & parmesan cheese. 

3.) Cook the fritata on very low fire, letting it to cook slowly. Put the lid on. Check if it’s brown enough
      and flip over. Put the lid back on the let it cook thoroughly.

** Recipes from Simply Recipe

      
    

 

Kroket Belanda (Oatmeal Coated Croquettes) June 5, 2007

Filed under: BREAKFAST,SWEETS & SAVORY — pinkytoes @ 5:06 am

 Dutch Savories  

Hari ini lagi kepingin bikin kroket. Kroket di Indonesia kebanyakan dibuat dari kentang, sementara kroket yang lagi bikin ngidam kroket yang di Belanda, ala Febo, yang garing kriuk-kriuk lapisan luarnya dan filling yang langsung meleleh saat digigit. Wahhh, enaknyaaaaa….

Selama ini belom pernah bikin kroket, biasa beli sih di kampung, ngapain bikin. Tapi di China sini, kroket barang langka banget. Nggak pernah ngeliat. Setelah ngubek2 internet, ketemu resep kroket belanda & gue coba pakai havermut sebagai ganti tepung roti. Hasilnya? Lumayanlah, biarpun tetep enakan pake tepung roti.

 

Bahan dasar:

*  1/2 liter kaldu daging/ayam

*  40 gr butter

*  40 gr tepung biasa, 2 sdm corn starch untuk mengentalkan ragout

*  200 gr daging/ayam cincang

*  1 btr bawang bombay

*  3 – 4 butir telur ayam – pisahkan merah dengan putihnya

*  parsley, rajang halus

*  tepung roti atau disini gw pake havermut

*  Keju parut, lebih enak pakai yang vintage atau edam

Caranya:

1.)  Lelehkan mentega di wajan, masukkan tepung dan aduk sampai rata

2.)  Tambahkan kaldu, masukkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk supaya tidak menggumpal

3.)  Masukkan daging sapi/ayam, sambil terus diaduk, tambahkan corn starch sedikit2 supaya mengental

4.)  Lada hitam, garam, gula, pala secukupnya. Bisa ditambahkan 1 blok maggi. Masukkan parsley & keju

5.)  Angkat wajan, tambahkan corn starch – cukup kental untuk dibentuk tangan
      Biarkan agak dingin baru dibentuk…. bisa bola-bola atau lonjong

6.)  Begitu dibentuk, langsung celupkan ke dalam putih telur, lalu gulingkan di dalam havermut/tepung roti
       Bagusnya sih didinginkan dulu sebentar dalam kulkas, baru goreng

7.)  Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan
       Disajikan panas-panas dengan mustard buat minum teh sore-sore….. yuuummmm!!!

 

Egg Benedict May 11, 2007

Filed under: BREAKFAST — pinkytoes @ 7:16 am

 American Dish

I’ve been trying perfecting my poached egg  technique for quite a while, since it looks so damn easy but apparently a bit tricky. Having a lot of previous kitchen experience, my husband shared the secret ~ it’s fresh eggs, salt and vinegar. That’s all!

Directions:
**  Boil some water in a pot, add salt and vinegar. Make sure the pot is deep enough
**  Ensure you’re using fresh eggs, break them into the the boiling water
**  Let them roll in the boiling water for some time. Check when they’re ready and set aside
**  Pan roast bacon strips
**  Pan roast tomatoes
**  Steam spinach – add salt & pepper to taste
**  Top with Hollandaise sauce