Chocolate Sprinkles

Just a tiny corner for my experimental cooking and sharing my passion for coffee and chocolate

Apel Kurma Crisp October 22, 2007

Filed under: BREAKFAST,SWEETS & SAVORY — pinkytoes @ 5:41 pm

Bener-bener lagi banjir kurma minggu ini. Yang dirumah juga cinta skali dengan kurma dan makanan-makanan manis. Padahal banyak resep dessert yang musti panggang oven, untung yang satu ini gampang banget dan bisa dimasak dengan microwave. Jadilah dessert pertama tanpa oven dan sukses. Kurma itu memang dahsyat harumnya kalau dipanggang ya?

 

Bahan Dasar:

* 2 butir Granny Smith apel, kupas kulitnya, iris tipis

* 2 cangkir kurma kering, rendam sebentar supaya lembut, buang bijinya

* 1 sdm jahe segar, parut kasar

* 1 sdm gula pasir  *resep asli pake brown sugar*

* 2 cangkir oatmeal biasa

* 1 cangkir cornflakes yang dihancurkan  – disini aku pakai raisin brans yang fiberous & agak manis

* boleh ditambah biskuit yang dihancurkan – disini ditambah dengan coconut biscuits, jadi agak gurih juga

* 1 cangkir kacang mede – cincang kasar  *bisa diganti walnut, pecans atau terserahlah*

* 1 sdt bubuk kayu manis (ground cinnamon)

* mentega

Cara Memasak:

1.) Cairkan mentega, campurkan dengan irisan apel, potongan kurma tanpa biji, jahe parut dan bubuk kayu manis. Nggak
      perlu pake gula ya, kurmanya udah manis banget. Susun dalam wadah tahan panas. Jangan lupa oleskan mentega dulu
      di dasarnya.

2.) Dalam mangkuk terpisah, campurkan oatmeal, cornflakes yang dihancurkan, biskuit dan kacang mede, tambahkan
      gula, bubuhkan kayu manis. Mentega dalam keadaan dingin, potong kasar atau bentuk kubus, campurkan ke dalam
      mangkuk sampai merata. Lalu susun di atas potongan buah di wadah tahan panas.

3.) Di resep asli dipanggang dalam oven selama 40 menit. Aku pakai microwave. Tutup dengan aluminium foil dan
      panggang selama 10 menit saja sampai apel lembut. Buka foil, panggang lagi dengan setup heating dari atas & bawah
     (combination mode) selama 10 menit…. atau sampai bikin seruangan harum kayu manis.

** Resep dimodifikasi dari Martha Stewart

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s