Chocolate Sprinkles

Just a tiny corner for my experimental cooking and sharing my passion for coffee and chocolate

Perkedel Isi (Stuffed Potato Cake) July 1, 2007

Filed under: BEEF & LAMB,SWEETS & SAVORY — pinkytoes @ 4:30 pm

Berhubung stock kentang masih banyak banget, gw udah rencana bikin perkedel rumahan yang biasa pake bawang goreng. Cuma perkedel kali ini agak dikombinasi dengan isiannya shepherd pie. Pernah bikin sih beberapa kali dan Mike suka banget.

Bumbu Dasar:

*  1/2 kg kentang, kupas & iris bulat supaya cepat matang saat digoreng

*  Daging giling tanpa lemak

*  Wortel iris kotak-kotak kecil, peterseli/daun bawang , kacang polong (*aku siy gak suka jadi gak pakai)

*  Bw bombay besar & Bw putih, cincang kasar

*  Lada hitam, garam, saus worchester/kecap inggris, gula sedikit, 3 sdm bawang goreng

*  2 btr telur – pisahkan putihnya

Caranya:

1.)  Tumis bw bombay & bw putih sampai harum, masukkan wortel & kacang polong sampai empuk.
       Sesudahnya masukkan daging cincang, masak sampai harum. Tambahkan merica, garam, peterseli,
       saus worchester. Cicipi. Lalu sisihkan.

2.)  Panaskan minyak di wajan dan goreng potongan kentang sampai berwarna kuning muda.
      *Kentang yang di steam/direbus lebih susah untuk dibentuk & buyar kalau digoreng*

3.)  Haluskan kentang di dalam mangkuk dengan garpu. Haluskan juga bawang goreng, campurkan ke
       dalam kentang. Tambahkan garam, lada putih sedikit. Cicipi.

4.) Pipihkan adonan kentang, isi dengan daging yang sudah dimasak. Bulatkan sampai daging tertutup
      rata supaya tidak pecah saat digoreng. Celupkan ke dalam putih telur sebelum digoreng.

5.)  Goreng sampai berwarna kuning keemasan. Angkat & tiriskan. 
      

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s