Chocolate Sprinkles

Just a tiny corner for my experimental cooking and sharing my passion for coffee and chocolate

Ikan Pepes Sunda June 7, 2007

Filed under: SEAFOOD — pinkytoes @ 3:01 pm

 Indonesian Dish  

Michael sebenernya suka banget pepes ikan, sayang dia gak suka versi aslinya yang pake cabai rawit oranye – biasanya lebih pedeeesss…. Biarpun baru bikin pertama kali, rasanya lumayan juga, sudah hampir mirip dengan yang biasa dijual di resto sunda, minus cabe rawit aja sih. Karena ngundang pasukan, jadi enaknya dibuat bite-size, pepesnya dibuat dalam ukuran mini.

 

Bahan halus:

Aku beli yang sudah jadi dipak, tapi bahan utamanya bawang putih (6), kunyit bubuk secukupnya aja, kemiri (5), lengkuas aku kasi agak banyak karena pakai yang bubuk, gula pasir, garam, lada

Rempah-rempahnya:

* 1 batang sereh yang dimemarkan, masukkan ke tiap bungkus

* daun salam, 1 lembar untuk tiap bungkus

* cabe merah, buang bijinya dan rajang halus

* daun kemangi

* cherry tomato 2 warna, merah & kuning, belah-belah

 Caranya:

1.)   Ikan mas tanpa kepala, aku belah 4 supaya lebih mungil….. tamuku banyak soalnya
       Ikan direndam dengan jeruk nipis & garam selama beberapa menit

2.)  Karena daun pisangnya cuma sedikit, jadi buat dekorasi, dan pepesnya dikukus dalam aluminium foil.
       Balurkan ikan dengan bumbu halus, bagian atas & bawahnya. Tambahkan rempah-rempah di tiap bungkus

3.)  Kukus pepes ikan selama 45 – 60 menit.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s