Chocolate Sprinkles

Just a tiny corner for my experimental cooking and sharing my passion for coffee and chocolate

Kroket Belanda (Oatmeal Coated Croquettes) June 5, 2007

Filed under: BREAKFAST,SWEETS & SAVORY — pinkytoes @ 5:06 am

 Dutch Savories  

Hari ini lagi kepingin bikin kroket. Kroket di Indonesia kebanyakan dibuat dari kentang, sementara kroket yang lagi bikin ngidam kroket yang di Belanda, ala Febo, yang garing kriuk-kriuk lapisan luarnya dan filling yang langsung meleleh saat digigit. Wahhh, enaknyaaaaa….

Selama ini belom pernah bikin kroket, biasa beli sih di kampung, ngapain bikin. Tapi di China sini, kroket barang langka banget. Nggak pernah ngeliat. Setelah ngubek2 internet, ketemu resep kroket belanda & gue coba pakai havermut sebagai ganti tepung roti. Hasilnya? Lumayanlah, biarpun tetep enakan pake tepung roti.

 

Bahan dasar:

*  1/2 liter kaldu daging/ayam

*  40 gr butter

*  40 gr tepung biasa, 2 sdm corn starch untuk mengentalkan ragout

*  200 gr daging/ayam cincang

*  1 btr bawang bombay

*  3 – 4 butir telur ayam – pisahkan merah dengan putihnya

*  parsley, rajang halus

*  tepung roti atau disini gw pake havermut

*  Keju parut, lebih enak pakai yang vintage atau edam

Caranya:

1.)  Lelehkan mentega di wajan, masukkan tepung dan aduk sampai rata

2.)  Tambahkan kaldu, masukkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk supaya tidak menggumpal

3.)  Masukkan daging sapi/ayam, sambil terus diaduk, tambahkan corn starch sedikit2 supaya mengental

4.)  Lada hitam, garam, gula, pala secukupnya. Bisa ditambahkan 1 blok maggi. Masukkan parsley & keju

5.)  Angkat wajan, tambahkan corn starch – cukup kental untuk dibentuk tangan
      Biarkan agak dingin baru dibentuk…. bisa bola-bola atau lonjong

6.)  Begitu dibentuk, langsung celupkan ke dalam putih telur, lalu gulingkan di dalam havermut/tepung roti
       Bagusnya sih didinginkan dulu sebentar dalam kulkas, baru goreng

7.)  Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan
       Disajikan panas-panas dengan mustard buat minum teh sore-sore….. yuuummmm!!!

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s